Laman

Jumat, 14 Januari 2011

Peluang & resiko bisnis dealer motor

Peluang dan Resiko Bisnis Dealer Motor
Setelah melewati krisis moneter tahun 1997, atau pasca tahun 2000,…. memang market motor tuh lumayan booming… !!! Apalagi sekarang.. disaat kemacetan ada dimana-mana,.. Mass Rapid Transportation (MRT) tak kunjung tiba… motor dijadikan pilihan alat transportasi… !!! Alasannya simple.. efisien dan efektif … !!! Dan nggak heran… demand terhadap motor meningkat… pabrikan kebanjiran order.. dan distribution channel juga ikut-ikutan kebanjiran rejeki.. !!! Distribution channel ini apa.. ?? Yaagh gampangnya adalah dealer… sebagai media penghubung antara pabrikan dan konsumen… !!!

Kok kebanjiran rejeki.. ??? Lha iyaaa laagh… jika berhasil menjual motor yang harganya sekitar 12 jutaan… margin yang diperoleh oleh dealer antara Rp. 500 rebu – Rp. 1 jeti… !!! Tarohlagh nilai tengah nya aza… Rp. 750 rebu…. !!! Ini berarti 6.25% fee yang diperoleh untuk setiap transaksi… !!! Bayangkan dengan interest rate deposito bank commercial yang mencapai 8% namun setahun… !!! Beberapa dealer menyebutkan bisa laagh menjual sekitar 200 unit sebulan… so artinya sekitar Rp. 150 jeti pendapatan sebulan …. dengan memerankan sebagai ‘calo’ marketing… !!! Fee ini akan semakin besar… jika penjualan menggunakan skema kredit… !!! Yup.. karena perusahaan pembiayaan akan memberikan ‘harga’ lebih kepada dealer… dengan kata lain… margin yang diperoleh dibagi dua (persentase / fee tertentu red.) antara perusahaan pembiayaan dan dealer… !!!
Teruz… gampang duonk.. tinggal bikin dealer… minta izin ke pabrikan …??? Oghh… nggak juga gampang.. !!! Bisnis ini kudu kuat modal… dan faktor pertama adalah lokasi alias showroom … !!! Lahan nya kudu milik sendiri… dan luasnya minimal 200 – 300 meter persegi.. !!! Setelah itu mengajukan proposal kepada pabrikan,.. dan jika disetujui… pihak dealer kudu menyiapkan duit jaminan sebagai deposit,… dan bervariasi jumlahnya… minimal antara Rp. 1 miliar – Rp. 2 miliar … !!! Duit itu yaagh untuk membeli motor kepada pihak pabrikan… !!! Oh yaa.. izin dan duit jaminan akan semakin besar dan agak sulit.. jika yang diminta lebih dari 1S… misalnya sampai 3S.. sales, service, spare partz.. !!!
Disamping itu kudu beli juga mobil model pick-up minimal 2 unit untuk ngangkut… !!! Teruz menggaji karyawan… untuk melakukan penjualan… !!! Marketing girlz.. nya nggak perlu pinter-pinter… yang penting… bisa menyakinkan… dan wajah yang boleeh laagh.. !!! Yaagh soalnya … konsumen dateng… biasanya sudah ada yang dituju… mau beli ini… !!! Teruz kira-kira kapan balik modalnya… ??? Modal akan balik .. yaagh beberapa tahun (revisi sebelumnya optimis red.)… tergantung usaha aza… !!!
Oke… kalau gitu enak duonkk… ??? Nggak juga.. setiap dealer yang baru berdiri.. kudu menyerahkan bisnis plan kedepan… minimal 3 tahun… !!! Mau ngapain aza… selama 3 tahun itu… dan kudu mengikuti segala aturan yang ditetapkan oleh pihak pabrikan… !!! Kemudian ada target yang harus dicapai .. target ini biasanya negosiasi antara si dealer dengan main dealer… !!! Nagh jika selama 3 bulan secara berturut-turut… nggak kecapai target… dan nggak terlihat adanya usaha perbaikan dalam mencapai target… yaaagh siap-siap … status dealer bisa dicabut… !!!
So.. dari sisi dealer… dia juga harus memikirkan number (kuantitas) motor yang harus dijual… !!! Dan juga memikirkan margin atau fee yang harus dia ambil.. untuk menghidupi usaha dealernya… !!! So … nggak heran… jika ada product yang ‘hot items’ diusahakan dijual setinggi mungkin… !!! Jika cash.. maka ada ‘upping price’ sebesar 10% dari harga on the road.. !!! Atau kalau nggak mau… yaagh… kredit… alias pemasukan si dealer dari si perusahaan pembiayaan. Nggak heran .. jika beli secara kredit… hadiah yang ditawarkan lebih banyak dibandingkan cash.. !!!
Waaaaksss… jadi kayak makan buah simalakama… ??? Si dealer perlu ‘pemasukan duit’… apalagi motor tersebut lagi laris… so kalau kredit barang ada… kalau cash barang nggak ada.. dan masuk strategy indent… !!! Lha ini secara makro… bisa ngurangin penjualan pabrikan… ataupun imagenya bisa rusak.. !!! Bodoooo ammmat… emang gue pikirin…. lhaa pabrikan khan nggak bayar pegawai gue… gitu katanya.. !!! Nggak takut ketahuan… yaaagh main petak umpet aza… atau kucing-kucingan… mau ikutt… ???

Syarat Menjadi Dealer Motor Resmi

A. Kemitraan Dealer Motor Honda
Honda memiliki tiga jaringan atau layanan kemitraan yaitu H1 merupakan Dealer (penjualan) yang berhak menjual sepeda motor Honda produksi Astra Honda Motor (AHM); H2 (Bengkel AHASS) yang berhak menerima kartu perawatan berkala (KPB) dari sepeda motor Honda yang baru serta menerima service dari sepeda motor Honda lama; dan H3 (sparepart) yang berhak menjual sparepart Honda Genuine Part (HGP). Status usaha bisa dirangkap menjadi H123, H12, H1, H23, H2, dan H3 tergantung izin dari Main Dealer dan kemampuan calon pemilik. Namun, saat ini AHM hanya bisa melayani H123 (35), H2, dan H23.

Berikut syarat-syarat menjadi Dealer resmi Honda Astra Motor (AHM) H123:
• Menyediakan modal awal minimal Rp 2,5 miliar, dan harus memiliki izin badan usaha.
• Calon pemilik dealer harus mengajukan surat permohonan ke Main Dealer dan melampirkan foto copy KTP, NPWP, SIUP, TDP, IMB.
• Melampirkan foto bangunan dealer dengan luas tanah 9x15 (2 ruko) dan lantai2 lantai. Tanah dan bangunan harus milik sendiri. Lokasi yang dipilih harus strategi dan layak di pinggir jalan. Serta tidak boleh berdekatan dengan dealer resmi lainnya, jarak minimal radius 3 km.
• Setelah mengajukan lokasi usaha, akan disurvei oleh Main Dealer AHM. Setelah di approve, maka lokasi dapat diajukan sebagai tempat usaha.
• Memiliki kesiapan SDM yang dibagi menjadi dua untuk bagian sales dan memiliki after sales service yang juga kuat, karena selain showroom, Dealer juga memberikan layanan untuk bengkel.
• Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Main Dealer PT Wahana Makmur Sejati. Telp: 021-6281700 atau PT Astra Honda Motor, Telp: 021-6518080, 30418080.

B. Kemitraan Dealer Motor Suzuki
Untuk menjadi Dealer resmi motor Suzuki, calon Dealer harus langsung memiliki layanan 35 (sales, service, dan sparepart). Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Dealer resmi Suzuki di antaranya:
• Memiliki lokasi yang strategis dan layak, dengan luas minimal 12x15 meter dengan jarak radius sekitar 5 km dari Dealer resmi lainnya.
• Bangunan harus kepemilikan pribadi, minimal kontrak 5 tahun.
• Setelah menemukan lokasi yang tepat, maka calon yang mengajukan surat permohonan pengajuan menjadi Dealer ke Main Dealer di masing-masing kota dengan melampirkan foto lokasi, foto copy KTP, NPWP, SIUP, TDP, IMB. Setelah itu, lokasi akan disurvei oleh Main Dealer, bila disapprove maka calaon Dealer berhak menjadi Dealer.
• Modal minimal yang dimiliki tergantung calon Dealer. Bila ingin memiliki 30 unit motor, maka deposit yang harus disiapkan sekitar Rp. 300 juta. Namun, untuk Dealer Baru, Suzuki tidak member persyaratan minimal, tetapi bila usaha sudah berjalan cukup lama, maka minimal target motor yang harus dijual dalam sebulan sebesar 75 unit.
• Memiliki SDM yang berkualitas untuk bagian sales dan after sales.
• Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi PT. Sinar Roda Kencana Mas di Telp: 021-3849008 atau PT Suzuki Indomobil Motor, Telp: 021-85645308

C. Kemitraan Dealer Motor Yamaha
Sejak 2001 silam, untuk kawasan Jabodetabek, para Dealer tidak lagi berhubungan dengan Main Dealer melainkan langsung ke Yamaha atau disebut dengan Direct Distribution Sistem (DDS), untuk menjadi Dealer resmi Yamaha, ada tiga layanan yang diberikan, sales, service, dan sparepart. Ketiganya harus dijalankan bila ingin menjadi Dealer resmi Yamaha.
Oleh karena sejak tiga tahun belakangan ini pengajuan proposal untuk menjadi Dealer Resmi Yamaha semakin banyak, maka Yamaha pun mengajukan beberapa persyaratan untuk menjadi Dealer di antaranya:
• Lokasi menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki oleh calon Dealer yaitu di tempat yang strategis dan layak. Jarak minimal dengan Dealer motor resmi Yamaha lainnya ±3km.
• Luas minimal 15x25 m setara dengan 3 ruko milik pribadi.
• Modl yang harus dimiliki hanyalah sertifikat tanah yang diserahkan kepada Yamaha sebagai jaminan (tidak ada deposito minimal seperti Dealer lainnya).
• Memiliki kesiapan SDM yang dibagi menjadi dua untuk untuk bagian sales dan memiliki after sales service yang juga kuat, karena selain showroom, Dealer juga memberikan layanan untuk bengkel.
• Setelah memiliki lokasi yang layak, maka calon Dealer harus mengajukan proposal permohonan dengan menyertakan sertifikat tanah, dan surat-surat lainnya seperti KTP, NPWP, SIUP, TDP, IMB. Setelah itu akan disurvei langsung oleh Yamaha. Bila disapprove maka aka nada pelatihan-pelatihan serta support untuk aktivitas promosi oleh Yamaha.
• Untuk info lebih lanjutnya bisa menghubungi Yamaha Motor Indonesia di Telp: 021-24575555

D. Kemitraan Dealer Motor Kawasaki
Untuk menjadi Dealer resmi motor Kawasaki, calon mitra harus memiliki keseriusan dan kesiapan dalam berbisnis. Ada dua jalur untuk menjadi Dealer resmi, baik melalui Main Dealer atau langsung ke Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang disebut Kawasaki Direct Dealer (KDD). Saat ini KDD hanya terdapat di Jakarta dan sekitarnya, Sumatera Barat, Gorontalo, dan Semarang. Sementara untuk daerah lain, Dealer berhubungan langsung dengan Main Dealer. Di dalam Dealer resmi Kawasaki terdapat layanan 35 (sales, service, sparepart).
Ada beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh Dealer resmi, diantaranya:
• Memiliki kesiapan modal minimal Rp. 500 juta yang digunakan untuk mendapatkan 50 unit motor bebek.
• Calon pemilik Dealer mengajukan permohonan dan melampirkan foto copy KTA, NPWP, SIUP, TDP, IMB atau bukti kontrak minimal 3 tahun.
• Lokasi yang dipilih harus strategis dan layak, terutama di pinggir jalan dan tidak berdekatan dengan Dealer resmi lainnya dengan luas minimal 15x8 meter. Bila lokasi kontrak, maka kontrak minimal 3 tahun.
• Setelah mengajukan lokasi usaha akan disurvei oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) atau Main Dealer Kawasaki. Setelah disapprove, maka lokasi dapat diajukan sebagai tempat usaha.
• Memiliki kesiapan SDM yang dibagi menjadi dua untuk bagian sales dan memiliki after sales service yang juga kuat, karena selain showroom, Dealer juga memberikan layanan untuk bengkel.
• Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi PT. Kawasaki Motor Indonesia di Telp: 021- 4523322

Senin, 16/11/2009 | 16:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Pasar motor Indonesia tetap bergairah. Periode 10 bulan 2009, berdasarkan data terakhir AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) yang diperoleh KOMPAS.com, telah terjual 4.780.802 unit sepeda motor.

Untuk Oktober 2009 saja, penjualan motor mencapai 615.265 unit, naik 45,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya (September 2009: 422.718 unit). Kendati demikian, penjualan sepeda motor tertinggi selama 2009 justru terjadi pada Agustus 2009, 627.945 unit.

Kondisi tersebut menggambarkan, seperti yang diprediksi Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, penjualan sepeda motor tahun ini mencapai 5,7 juta, tidak akan meleset. Dibandingkan tahun lalu (6,2 juta unit), penurunan hanya 20 persen. Sebelumnya sempat diperkirakan, penjualan tahun ini akan turun sekitar 30 persen. No bad!

Honda versus Yamaha
Meski anggota AISI ada 7 merek, yaitu Honda, Kawasaki, Kanzen, Kymco, Piaggio, Suzuki dan Yamaha, hanya dua merek yang menguasai mayoritas pasar motor Indonesia, yaitu Honda dan Yamaha. Keduanya kalau digabungkan, selama 10 bulan ini, mencaplok 91,33 persen pangsa pasar sepeda motor Indonesia.

Honda 2.192.469 unit (45,86 persen) dan Yamaha 2.173.631 unit (45,47 persen). Sisanya, 414.702 unit dibagi 3 merek lain. Suzuki kebagian 361.792 unit atau 7,57 persen. Dua merek lainnya yang masih mencicipi adalah Kawasaki dan Kanzen, masing-masing 1,04 persen dan 0,07 persen. Sedangkan Kymco dan Piaggio dilaporkan nihil.

Dominasi Bebek
Berdasarkan kategori, bebek alias underbone, masih terbesar. Namun kini hanya tinggal 54,80 persen, semua menggunakan mesin menggunakan mesin 4-tak. Di kategori ini Honda masih berjaya, menguasai 1.351.860 unit, sedangkan Yamaha 1.014.098 unit.

Produsen dengan simbol tiga garpu tala, Yamaha, mendominasi kategori skuter dengan total penjualan 982.809 unit (melalui Mio). Honda dengan tiga versi produknya, Vario Techno, Vario dan Beat kebagian 673.644 unit. Lantas, Suzuki yang mengandalkan Spin, Skywave dan Skydrive memperoleh 100.934 unit. Total pangsa pasar skutik 36,76 persen dari seluruh kendaraan roda yang dipasarkan oleh anggota AISI di Indonesia.

Kategori sport hanya memperoleh pangsa 8,44 persen dengan komposisi, mesin 2 tak 0,51 persen dan 4-tak 7,93 persen. Pangsa sport jadi milik Yamaha, dengan total penjualan 176.724 unit, kompetitor terdekatnya Honda 166.965 unit.

Cukup menarik, kendati kecil, pada kategori ini, posisi ketiga, kini diduduki oleh Kawasaki dengan total penjualan mencapai 37.283 unit. Sedangkan Suzuki yang selama ini mengandalkan Thunder, kebagian 22.517 unit.

Kejar-kejaran
Penjualan dua merek yang sangat perkasa di arena pasar sepeda motor Indonesia, Honda dan Yamaha, sepanjang 2009 berlangsung sangat ketat, saling susul-menyusul. Honda unggul pada total penjualan Januari, Februari, Maret, Agustus, September dan Oktober. Sedangkan Yamaha pada April, Mei, Juni dan Juli.
Nah, agar kembali posisi depan, Yamaha sudah mempersiapkan senjata barunya untuk menarik hati konsumen Indonesia!

2 komentar:

  1. mantabbbbbbb top markotob blognya,,,,,saya juga lagi mau bikin dealer suzuki di kampung saya,,,tuk referensi bagus gan...ini bisnis tiket pesawat online tanpa DEPOSIT,CHEK HARGA LIVE+BOKING+ISUUED+CATAK TIKET DARI KOMPUTER SENDIRI GAN LANG SUNG KE TKP http://www.birotiket.com/?id=netro

    BalasHapus
  2. CARA MUDAH MEMULAI BISNIS BENGKEL UNTUK PEMULA
    ANDA HANYA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA

    ★ PELUANG BISNIS BENGKEL & TOKO SPAREPART MODERN★
    ★★ BIKERMART SOLUSINYA ★★
    INGIN BISNIS BENGKEL MODERN , PUNYA DANA , TEMPAT , BINGUNG BAGAIMANA MEMULAINYA ?

    ANDA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA
    PAKET USAHA MULAI DARI 100Jt
    Video klik : http://on.fb.me/1nlg0YQ

    KAMI AKAN SIAPKAN KONSEP & SEGALA KEPERLUAN UNTUK MEMULAI USAHA & AKAN KAMI BIMBING SAMPAI BISA , BARANG BERGARANSI RETURN APABILA TIDAK LAKU ( Syarat & Ketentuan berlaku )

    NO ROYALTY !! 100% LABA & ASET MILIK ANDA

    Bikermart® adalah paket bisnis retail ( waralaba ) sparepart/suku-cadang, accessory/variasi sepeda motor & kelengkapan pengendaranya, dengan konsep toko swalayan/minimarket modern yang digabungkan dengan layanan service/bengkel umum untuk semua jenis sepeda motor di Indonesia.
    Sehingga investor / pengelola toko dapat lebih mudah dalam menjalankan usahanya sesuai system yg telah diciptakan oleh team Bikermart

    Dengan bekerjasama dgn PT.Bikermart Indonesia untuk memulai usaha dibidang Toko & Bengkel motor dapat lebih efisien,cepat berkembang & mengurangi resiko kegagalan usaha .

    Bikermart® dapat diaplikasikan oleh Anda yang BARU AKAN MEMBUKA bisnis retail sparepart & accessory/variasi sepeda motor maupun Anda yang ingin MENGEMBANGKAN TOKO/BENGKEL konvensional menjadi modern yang saat ini telah beroperasi.

    ➽➽ MENGAPA HARUS BIKERMART ?

    1. ✪ PALING BERPENGALAMAN
    √ Sudah +16 Tahun bergerak Dibidang Retail + Grosir Bengkel & Toko Sparepart
    ( Berawal dari toko Retail & Bengkel - th 1998 ) - TARUNA NUSANTARA MOTOR
    √ Sudah + 8 Tahun bergerak di Bidang Distribusi Sparepart Motor
    ( Berawal dari Kanvaser th 2003 - sekarang Area Jateng-Jabar-DIY dgn jumlah
    pelanggan +1200 outlet Aktif - TNM & INDOTREND Group
    √ Sudah + 6 Tahun (th 2008) bergerak dibidang Kemitraan Bengkel
    Sampai saat ini sudah +47 Outlet Mitra yg pernah ditangani

    2. ✪ PALING LENGKAP FASILITASNYA
    √ MiniMarket Perlengkapan Motor
    √ Bengkel Motor
    √ CuciMotor

    3. ✪ STOK BARANG PALING LENGKAP
    √ Sparepart Aftermarket
    √ Sparepart Gennuine
    √ Sparepart Racing

    Profile BIKERMART ®

    Website : http://www.bikermart-indonesia.com/
    Fanpage :http://www.facebook.com/Bikermart.Indonesia
    Youtube :http://www.youtube.com/user/MrBIKERMART
    Twitter : https://twitter.com/bikermart

    Office :
    BIKERMART Purwokerto
    Jl, Kolonel Sugiono Purwokerto no 18
    Telp : 0281-621505

    Marketing :
    Mr. Hendry : 081327099399 / 081903509008

    Simpan Informasi ini , mungkin suatu saat ada teman,saudara,relasi anda yg ingin berbisnis di bidang ini.

    ~ BISNIS BENGKEL BIKERMART AHLINYA ~

    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀
    BIKERMART PELOPOR BENGKEL MODERN & MASA DEPAN
    BENGKEL UMUM YG PROFESIONAL
    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀

    BalasHapus